( Cidanau – Ciujung – Cidurian – Ciliwung – Cisadane – Citarum)

Sidang Komisi dan Sidang Pleno I Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai 6 Ci

Sidang Komisi dan Sidang Pleno I Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) Wilayah Sungai 6 Ci ( Cidanau – Ciujung – Cidurian – Ciliwung – Cisadane - Citarum)

Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian-Cisadane-Ciliwung-Citarum (WS 6 Ci) merupakan wilayah Sungai Lintas Provinsi yang pengelolaannya ditangani oleh Pemerintah Pusat, yang terdiri dari tiga wilayah kerja Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) sesuai PERMEN PU nomor 23/PRT/M/2008 tentang organisasi dan Tata Kerja Balai Besar dan Balai di Lingkungan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan Direktorat Jenderal Bina Marga, yaitu BBWS Cidanau-Ciujung-Cidurian, BBWS Ciliwung-Cisadane, dan BBWS Citarum. Ketiga wilayah tersebut selanjutnya disebut sebagai wilayah Cidanau-Ciujung-Cidurian (3 Ci) (Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat), wilayah Ciliwung-Cisadane (2 Ci) (Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten) dan wilayah Citarum (1 Ci) (Provinsi Jawa Barat). Secara administratif wilayah Sungai (WS) ini meliputi 14 Kabupaten dan 14 Kota, yang terdiri dari 4 Kabupaten dan 4 Kota di Provinsi Banten, 5 Kota di DKI Jakarta dan 10 Kabupaten dan 5 Kota di Provinsi Jawa Barat dengan luas total 20.737 km2.

Batas WS 6 Ci ini mengacu kepada PERMEN PU nomor 11 A/PRT/M/2006. Secara umum penyusunan Pola ini dimaksudkan untuk menjadikan pengelolaan sumber daya air (PSDA) yang adil, menyeluruh, terpadu, dan berwawasan lingkungan. Dengan terwujudnya kelestarian SDA, pendayagunaan dan perlidungan SDA yang serasi dan optimal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan daya dukung lingkungan dan mengendalikan daya rusak air, serta sesuai dengan kebijakan pembangunan, baik pada tingkat nasional maupun daerah.

Dalam Pola Pengelolaan Sumber Daya Air WS 6 Ci dilaksanakan oleh Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air (TKPSDA) WS 6 Ci. Hotel Kaisar, Senin (5/3) TKPSDA 6 Ci mengadakan Sidang Komisi (Komisi I, II, III), masing-masing komisi membahas agenda kegiatan dan konsep berita acara penyerahan tugas dan tanggung jawab dari Pejabat Pemda Provinsi DKI Jakarta ke Pejabat Pemda Provinsi Jawa Barat. Dilanjutkan Selasa (6/3) Sidang Pleno I yang membahas menyepakati agenda kegiatan TKPSDA 6 Ci untuk agenda sidang 2012, menyepakati terpilihnya strategi pengelolaan SDA WS 6 Ci, menyepakati rumusan berita acara penyerahan tugas dan tanggung jawab pimpinan TKPSDA WS 6 Ci dari Pejabat Proinsi DKI Jakarta ke Pejabat Provinsi Jawa Barat dan konsep rangkuman kegiatan tahun 2011 untuk dibacakan di awal sidang.